Resmi ! Kementerian Agama Buka 17.175 Lowongan CPNS 2018

LowonganKerjaSatu.Com – Alhamdulillah dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa karena Kementerian Agama akan menerima 17.175 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2018. Sesuai dengan jadwal yang diumumkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) bahwa seleksi penerimaan CPNS seluruh Kementerian/Lembaga (K/L) akan dimulai serentak pada tanggal 19 September 2018 nanti.

Kementerian Agama memiliki jumlah formasi CPNS terbesar dari seluruh K/L. “Dari 59.309 formasi yang ditetapkan untuk 76 K/L di tahun 2018, sebanyak 17.175 formasi atau 29% ditetapkan untuk Kementerian Agama. Karopeg Kemenag menyampaikan, dengan jumlah penerimaan CPNS terbesar, maka Kemenag akan menjadi etalase pengadaan CPNS Nasional di tahun ini. Jika Pengadaan CPNS di Kementerian Agama sukses, maka Pengadaan CPNS Nasional sukses.

logo kementerian agama

Dalam penerimaan CPNS 2018, Kementerian Agama atau Kemenang mendapatkan jumlah formasi terbesar di antara 76 kementerian atau lembaga di Indonesia. Kemenag akan menerima sebanyak 17.175 CPNS pada rekrutmen tahun ini. Dari jumlah 17.175 CPNS yang akan diterima itu, formasi paling banyak diperuntukkan bagi guru dan dosen. Sesuai Keputusan Menteri PANRB Nomor 49 Tahun 2018, tersedia 10.520 formasi bagi guru pelamar umum, 1.480 formasi bagi guru honorer eks K2, dan 4.485 formasi dosen. Selain itu, terdapat lowongan untuk penghulu, penyuluh, jabatan fungsional tertentu, dan jabatan fungsional umum.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan tiga hal yang harus dimiliki oleh CPNS Kemenag. Tiga hal ini disampaikan Menag Lukman kepada peserta Rapat Koordinasi Persiapan Penerimaan ASN Kemenag Tahun 2018, di Jakarta. Rapat koordinasi dihadiri para Pejabat Eselon I Pusat, Kepala Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri se-Indonesia, Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag se-Indonesia, serta Kepala Kantor Wilayah Kemenag se-Indonesia.

Pertama, Menag menginginkan CPNS yang direkrut memiliki kompetensi profesional yang dibutuhkan oleh satuan kerja. Lebih lagi menurut Menag, formasi yang dibuka paling banyak diperuntukkan bagi guru dan dosen. Maka, kompetensi profesional menurut Menag bukan hal yang bisa ditawar. “Cermati betul, bahwa yang terpilih nanti adalah yang memiliki kompetensi tinggi sesuai dengan pos dan bidangnya,” ujar Menag.

[UPDATE] LIHAT PENGUMUMAN FORMASI CPNS KEMENTERIAN AGAMA TAHUN 2018

Hal kedua yang harus dimiliki CPNS Kemenag adalah komitmen keagamaan. “Komitmen keagamaan juga menjad cermatan. Yang saya maksud dengan komitmen keagamaan adalah mereka yang diterima nanti tidak lagi punya masalah dengan persoalan keagamaan,” tutur Menag.

Menag menginginkan, CPNS Kemenag yang direkrut apapun agamanya memiliki pemahaman keagamaan yang moderat. “Mereka harus paham dan memiliki pengamalan keagamaan yang baik. Mereka yang moderat, yang dapat menjadi role model bagi masyarakat luas,” tandas Menag.

Komitmen kebangsaan, menjadi hal ketiga yang harus dimiliki oleh CPNS Kemenag. “CPNS Kemenag harus punya pemahaman memadai, syukur-syukur pemahaman yang baik, tentang apa itu Pancasila, apa itu konstitusi kita, NKRI kita, Bhineka Tunggal Ika, dan sebagainya,” tegas Lukman.

Pada rekrutmen CPNS 2018, seleksi kompetensi dasar atau SKD akan menggunakan sistem CAT. Silahkan belajar mengerjakan soal tes CPNS sejak sekarang terutama jenis soal Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelejensia Umum dan Tes Potensi Kepribadian. Pastikan kamu memenuhi passing grade CPNS 2018 atau ambang batas minimal nilai hasil tes untuk bisa lulus.

Bagikan ke:
error:
Inline
LIKE untuk UPDATE terbaru !
Inline
LIKE untuk UPDATE terbaru !