Pengumuman: Usulan Formasi CPNS 2018 Paling Lambat Akhir Januari

LowonganKerjaSatu.Com – Saat ini masyarakat yang ingin mendaftar menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil terus mempersiapkan diri menyambut hajatan besar tersebut. Bahkan banyak yang telah mengikuti berbagai informasi di media dan mendapatkan banyak informasi penting yang sangat berguna sebagai persiapan awal mengikuti seleksi CPNS. Ada satu hal yang pasti di setiap rekrutmen bahwa seleksi akan menggunakan sistem CAT, namun formasi yang keluar belum ttentu sesuai harapan anda.

Dilansir dari situs liputan6.com, usulan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) paling lambat diserahkan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur pada akhir Januari 2018. Formasi tersebut untuk mengisi kebutuhan CPNS pada 2018.

Dikutip dari Surat Menteri PAN-RB, Kamis (4/1/2018), berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, hasil analis jabatan dan analis beban kerja, rincian peta jabatan, dan kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) harus ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) masing-masing instansi pemerintah. Dokumen penetapan disampaikan ke Menteri PAN-RB melalui aplikasi e-formasi paling lambat Desember 2017.

formasi cpns 2018

Kemudian dalam surat itu, Asman Abnur meminta PPK pusat dan daerah untuk melakukan validasi ulang terhadap kebutuhan pegawai (usul formasi) yang telah diinput ke dalam aplikasi e-formasi. Asman mengatakan, dalam hal ini pemerintah punya prioritas terkait formasi CPNS.

“Perlu kami sampaikan bahwa usulan kebutuhan PNS diprioritaskan untuk jabatan fungsional (tertentu) dan jabatan teknis lain yang mendukung tugas inti (core business) instansi. Khusus untuk pemerintah daerah diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan, serta jabatan-jabatan yang mendukung pembangunan infrastruktur,” jelas Asman.

Dalam surat tersebut, Asman menekankan, usul formasi yang diinput pada menu template bezzeting menggambarkan kebutuhan PNS tahun 2018.

“Pemerintah daerah harus memperhatikan kemampuan APBD yang rasio belanja pegawainya di bawah 50 persen, dilengkapi surat keterangan ketersediaan anggaran untuk gaji, diklat prajabatan, diklat pembentukan jabatan fungsional,” ungkapnya.

PPK pusat dan daerah, diminta melampirkan peta jabatan yang ditandatangani PPK dalam bentuk Keputusan Menteri, Kepala LPNK, Gubernur, Bupati atau Walikota.

Asman menambahkan, usulan formasi CPNS untuk jabatan pelaksana harus sesuai dengan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 25 Tahun 2016 tentang Nomenklatur Jabatan Pelaksana Bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah jo Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 18 Tahun 2017.

Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda terkait penerimaan CPNS tahun 2018. Kemungkinan akan ada rekrutmen tahun ini namun kapan dilaksanakan atau jadi dilaksanakan itu belum ada kejelasan, hanya saja dari tahun lalu sudah direkrut CPNS pusat maka mungkin tahun ini giliran daerah yang mendapat alokasi CPNS baru.

sumber: http://bisnis.liputan6.com/read/3215134/usulan-formasi-cpns-2018-paling-lambat-akhir-januari
Bagikan ke:
error:
Inline
LIKE untuk UPDATE terbaru !
Inline
LIKE untuk UPDATE terbaru !