Pendaftaran CPNS 2017 Resmi Dibuka Untuk Lulusan SLTA D3 S1 (19.210 Formasi) - Informasi Lowongan Kerja Terbaru Agustus 2017

Pendaftaran CPNS 2017 Resmi Dibuka Untuk Lulusan SLTA dan S1

LowonganKerjaSatu.com – Akhirnya Pemerintah resmi mengumumkan akan membuka kran penerimaan aparatu sipil negara baru tahun ini dan akan mulai dibuka pendaftarannya pada Agustus mendatang. Pendaftaran CPNS 2017 dibuka dan tersedia 19.210 formasi untuk lulusan SMA dan S1. Tentu saja ini adalah kabar gembira bagi teman-teman yang selama ini menanti pengangkatan CPNS baru.

Pemerintah mengundang putra-putri terbaik untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) guna mengisi jabatan terkait penegakan hukum di Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Jabatan ini menjadi prioritas mengingat adanya peningkatan beban kerja di kedua instansi tersebut, dan banyaknya PNS yang memasuki batas usia pensiun.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan, formasi CPNS 2017 untuk kedua instansi tersebut sebanyak 19.210 orang, terdiri dari 1.684 CPNS untuk Mahkamah Agung (MA) dan 17.962 kursi CPNS di Kementerian Hukum dan HAM.

cpns 2017

“Jumlah tersebut termasuk untuk mengakomodir putra/putri lulusan terbaik (cumlaude) dan putra/putri Papua dan Papua Barat. Untuk lulusan cumlaude kuotanya sebanyak 468 orang, sedangkan putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 301 orang,” jelas Asman pada konperensi pers di kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Selasa (11/7) siang.

Menurut Menteri PANRB, formasi untuk MA sejumlah 1.684 calon hakim pada peradilan umum, peradilan agama dan peradilan tata usaha negara. Untuk posisi calon hakim ini, kualifikasi hanya untuk sarjana hukum, sarjana syariah dan sarjana hukum Islam.

Sedangkan formasi CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM meliputi 21 jabatan, mulai dari Penjaga Pembaga Pemasayarakatan (Lapas) hingga analis Keimigrasian. “Kuota untuk penjaga Lapas mencapai empatbelas ribu, dengan kualifikasi lulusan SLTA sederajat yang menguasai komputer,” ujar Asman.

Dari kuota CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 17.962 kursi, 14.000 diantaranya untuk jabatan penjaga Lapas atau sipir, dan 2.278 analis keimigrasian. Untuk analis keimigrasian ini, dibutuhkan sarjana dari berbagai jurusan, antara lain Hukum, Sosial Politik, Ekonomi, Akuntansi, Komunikasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Bahasa Asing.

Walapun hanya sebagian kecil saja Kementerian atau Lembaga yang membuka pendafataran CPNS tahun 2017, namun ini patut disyukuri karena ada peluang untuk mengurangi jumlah pencari kerja yang kian bertambah. Kemungkinan besar proses seleksi akan menggunakan Tes Kompetensi Dasar berbasi CAT (Computer Assisted Test). Jadi mulai saat ini anda perlu membiasakan diri mengerjakan soal berbasis CAT agar tidak merasa grogi saat hari seleksi nanti.

Tags:

cpns
Bagikan ke:
error:
Inline
LIKE untuk UPDATE terbaru !
Inline
LIKE untuk UPDATE terbaru !